Sabtu, 24 Januari 2015

Tips Memulai Hidup Sehat

Memulai hidup sehat dari sekarang sebelum sakit datang. Jika kesehatan badan terjaga maka hidup akan terasa lebih nikmat dan mampu menjalankan aktivitas dengan baik. Ada berbagai cara untuk memulai hidup sehat yang dilakukan banyak orang termasuk mikha sendiri. Hidup sehat adalah menjalani pola hidup dengan baik seperti makan makanan sehat, istirahat cukup dan berolahraga seccara teratur.

Tips Memulai Hidup Sehat
Ilustrasi Meditasi - Sumber: Blogger.com

Berikut ini adalah tips simple cara memulai hidup sehat. 

Menggunakan Tangga
Biasakan menggunakan tangga ketika beraktivtas naik dan turun gedung tempat kerja bukan mengginakan lift atau eskalator. Apabila secara teratur dan
rutin dijalani, berat badan akan turun dan secara otomatis akan berdampak pada turunnya tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam pembuluh arteri, dan mengurangi resiko peradangan organ dalam. Jika pembuluh arteri lancar tidak ada penyumbatan kolesterol jahat maka akan terjauh dari ancaman serangan jantung atau stroke.

Batasi Konsumsi Gula
Mulai mengurangi konsumsi gula dari sekarang. Kandungan gula dapat meningkatkan resiko obersitas, diabetes dan juga jantung. Selain daripada itu, kebanyakan mengkonsumsi gula bisa menyebabkan kulit jadi lebih cepat keriput. Molekul berbahaya yang terkandung dalam gula putih dapat merusak kolagen. Kolagen adalah bagian penting yang berfungsi menjaga kulit tetap mudan dan kenyal.

Perbanyak Makan Sayur
Makan sayur lebih banyak dibandingkan dengan nasi dan daging akan memiliki efek yang lebih baik. Porsi sayur yang dominan dibandingakan menu lainnya akan mengurangi resiko terkena penyakit serius secara drastis. Orang dahulu atau nenek moyang kita yang kebanyakan lebih memilih konsumsi sayur daripada daging sangat jarang terserang gangguan kesehatan serius seperti sakit jantung, diabetes dan kanker. Menurut riset WHO ditemukan bahwa 63% kematian di dunia pada 2008 disebabkan pleh tiga penyakit tersebut diatas, dan hal itu dipicu oleh pola makan yang tidak sehat. Untuk mengetahui apa saja makanan sehat silahkan baca disini "Daftar Makanan Sehat"

Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Masak
Minyak Zaitun dapat menurunkan resiko serangan penyakit jantung, mulailah dengan mengganti minyak sawit kepada minyak zaitun. Jika anda memang pecinta gorengan dan tidak dapat meninggalkan makanan tersebut sebaiknya pilih gorengan yang dimasak dengan minyak sehat, dan dengan cara ditumis. Lebih baik memilih tapas ala meksiko daripada kentang goreng. Dan lebih baik tumisan sayur daripada pisang goreng.

Cobalah Meditasi
Kegiatan meditasi dipercaya mampu mengurangi tekanan darah tinggi, gejala stres dan juga depresi. Sebuah studi membuktikan bahwa meditasi yang dilakukan secara rutin dalam kurun waktu selama 8 minggu, akan membuat seseorang mejadi lebih penyayang dan lebih merasa bahagia. Fokuskan diri anda pada latihan pernapasan juga kesadaran diri dapat melatih area otak yang mengatur emosi kita. Sehingga jika anda akan lebih banyak memiliki pikiran dan emosi yang positif.

Itu dia tips sederhana memulai hidup sehat yang tidak membutuhkan biaya dan sarana yang berlebihan, dengan menjalankannya secara rutin maka kita akan terbiasa dengan pola hidup sehat.