Sabtu, 24 Januari 2015

Manfaat Olahraga

manfaat olah raga untuk tubuh
Tanpa disadari kita selalu berolahraga sepanjang waktu. Karena cukup dengan beraktivitas, seperti berjalan-jalan atau mencuci baju, itu pun sudah merupakan olahaga.

Hal apalagi yang dapat sianggap sebagai berolahraga? misal menari, push-up dan bahkan coba menyentuh ujung-ujung jari kaki dengan kedua tangan dengan posisi duduk atau berdiri. Saat kita berolahraga, berarti kita sedang membantu membangun tubuh yang kuat, yang akan mampu bergerak dan melakukan semua hal yang ingin kita lakukan. Cobalah untuk selalu aktif setiap hari, dan tubuh kita akan berterimakasih kepada kita.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa olahraga itu penting.


1. Olahraga Baik untuk Jantung
Kita tahu bahwa jantung termasuk kelompok otot
. Jantung selalu bekerja keras, memompa darah setiap hari dalam kehidupan kita. Dan kita dapat membantu jantung ini menjadi kuat dengan melakukan latihan aerobik.

Aerobik artinya mengambil udara, jadi latihan aerobik adalah jenis aktivitas yang membutuhkan oksigen. Bila kita bernapas, kita mengambil oksigen. Dan jika melakukan latihan aerobik, mungkin kita akan bernapas lebih cepat dari biasanya. Aktivitas aerobik menjadikan jantung memompa, dan darah lebih deras, membuat kita berkeringat, dan mempercepat laju pernapasan kita.

Dengan memberi jantung kita jenis latihan seperti ini secara teratur, maka jantung akan dapat bekerja lebih baik, yaitu memberikan oksigen (dalam bentuk oksigen yang membawa sel ke darah) ke seluruh bagian tubuh kita. Sudah tidak sabar lagi ingin melakukan aerobik? Olahraga yang termasuk jenis aerobik antara lain adalah: berenang, basket, hoki, jogging (jalan cepat), inline skating, sepak bola, lintas alam, bersepeda, dan mendayung. Dan jangan lupa lompat tali atau bermain hopscrot pun termasuk aktivtas aerobik. Kalau saya sendiri lebih mudah melakukan jogging atau jalan cepat, selain ekonomis juga mudah dilakukan.

2. Olahraga Menguatkan Otot
Adapula jenis olahraga yang dapat membantu memperkuat otot-otot. Apakah anda pernah melakukan push-up atau berayun di taman bermain? Itu adalah termasuk latihan untuk membangun kekuatan. Dengan menggunakan otot untuk melakukan hal-hal yang kuat, maka kita akan mendapatkan tubuh yang kuat.

Untuk remaja yang lebih tua dan orang dewasa, jenis latihan seperti ini dapat pula menjadikan otot-otot menjadi jauh lebih besar. Berikut ini beberapa latihan yang dapat membangun otot-otot menjadi kuat:
  • Push-up
  • Pull-up
  • Tarik Tambang (rug of war)
  • Mendayung
  • Berlari
  • Inline Skating
  • Bersepeda
3. Olahraga Menjadikan Tubuh Kita Menjadi Fleksibel
Dapatkah kita menyentuh jari-jari kaki dengan mudah tanpa kesakitan dan berteriak "aduuh!"? Kebanyakan anak-anak masih fleksibel, yang berarti mereka dapat menekuk dan meregangkan tubuh mereka tanpa banyak kesulitan.

Latihan semacam ini terasa sangat  baik, misal melakakukan peregangan dipagi hari saat baru bangun tidur. Menjadi fleksibel artinya memiliki jangkauan gerak penuh, yang artinya dapat menggerakkan tangan dan kaki dengan bebas tanpa merasa kaku atau sakit. Berikut ini beberapa latihan yang dapat dilakukan untuk fleksibilitas tubuh yang baik:
  • Lompat Jauh
  • Yoga
  • Menari (terutama balet)
  • Seni Bela Diri
  • Peregangan sederhana (menyentuh jari-jari kaki atau meregang tubuh ke samping)
4. Olahraga Dapat Menjaga  Berat Badan Ideal
Makanan memberi bahan bakar untuk tubuh dalam bentuk kalori, yang merupakan salah satu jenis energi. Kalori berasal dari makanan sehat dan bergizi. Tubuh membutuhkan jumlah kalori tertentu setiap hari untuk menjalankan fungsinya, bernapas, berjalan, dan melakukan aktivitas lainnya. Tetapi, jika kita tergolong aktif, maka tubuh kita membutuhkan tambahan kalori atau energi. Dan jika kita tidak terlalu aktif, maka tubuh kita tidak membutuhkan banyak kalori. 

Apapun kebutuhan kalori kita, jika kita cukup makan sesuai dengan keperluan, maka berat badan kita akan tetap seimbang. Dan jika kita makan lebih banyak dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh, maka mungkin sisanya akan disimpan sebagai lemak, dan kita pun akan mengalami kegemukan.

5. Olahraga Akan Membuat Kita Merasa Lebih Baik
Rasanya menyenangkan jika memiliki tubuh yang kuat, lentur, dan dapat melakukan semua aktivitas yang ingin kita nikmati, seperti berlari, melompat, dan bermain dengan teman-teman. Menyenangkan juga untuk merasa baik pada sesuatu seperti mencetak gol saat bermain basket, meraih home run, atau menyempurnakan kemampuan menyelam kita.

Sejatinya, olahraga itu memang benar dapat menempatkan kita dalam mood yang lebih baik lagi. Ketika berolahraga, otk akan melepaskan sebuah zat kimia yang dinamakan endorphin, yang dapat menjadikan kita merasa lebih bahagia. Selain itu olahraga juga dapat membuat wanita semakin cantik dengan terjaganya kulit dari keriput.

Itu semua adalah manfaat penting olahraga, semoga anda sehat selalu!